Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Kandungan Kedelai yang Baik untuk Kesehatan Anda

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kedelai-alergi
Photo Credit: Nicetoenv

DokterSehat.Com– Ada beberapa kontroversi seputar kemungkinan manfaat kesehatan dan risiko mengkonsumsi kedelai, terutama kedelai yang telah dimodifikasi secara genetik.

Photo Credit: Nicetoenv

Kedelai mengandung hampir 40 persen protein dan 20 persen minyak, memberi mereka banyak kegunaan. Kedelai dapat digunakan sebagai makanan, suplemen, atau untuk keperluan industri.

Ketahuilah lebih banyak tentang kedelai, manfaat dan risiko kesehatan potensial, dan bentuk kedelai terbaik untuk dimakan.

Bagaimana cara penggunaannya?
Kedelai adalah makanan berprotein tinggi yang bisa dimasak dan dimakan dengan berbagai cara. Kacang bisa berwarna hijau, hitam, kuning, atau putih.

Kedelai hijau muda juga disebut edamame. Kacang ini bisa dikukus dan dimakan dari polong sebagai makanan pembuka. Edamame yang dikupas juga bisa digunakan dalam salad, tumis, dan sup.

Kedelai kuning biasanya digunakan untuk membuat susu kedelai, tahu, tempe, dan tamari. Kedelai juga bisa digunakan untuk membuat tepung kedelai untuk dipanggang.

Kedelai juga menyediakan minyak kedelai, yang bisa digunakan untuk memasak, atau sebagai bahan makanan. Setelah minyak telah dikeluarkan dari kedelai, bahan yang tersisa bisa digunakan untuk membuat makanan untuk hewan ternak dan hewan peliharaan.

  • Untuk suplemen
    Kedelai digunakan untuk membuat bubuk protein kedelai, begitu pula suplemen kedelai isoflavon.
  • Untuk industri
    Kedelai memiliki banyak kegunaan industri. Ini bisa digunakan untuk membuat produk termasuk biodiesel, perlengkapan bangunan, karpet, lilin, tinta, dan cat.

Kandungan gizi
Kedelai adalah protein lengkap, yang berarti mengandung semua sembilan asam amino esensial. Ini adalah sumber protein penting bagi banyak orang, terutama vegan dan vegetarian.

Menurut Database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 90 gram (g) kedelai hijau yang dimasak mengandung:

  • 127 kilokalori (kkal)
  • 11,12 g protein
  • 5,76 g lemak
  • 9,95 g karbohidrat
  • 3,8 g serat

Kedelai rendah lemak jenuh dan tinggi protein, vitamin C, dan folat. Mereka juga merupakan sumber serat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, dan thiamin —vitamin B1.

Kandungan nutrisi dari produk kedelai lainnya berbeda berdasarkan bagaimana mereka diproses dan bahan-bahan lain telah ditambahkan.

Kemungkinan manfaat kesehatan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa termasuk kedelai dalam makanan dapat membawa berbagai manfaat kesehatan potensial, termasuk:

1. Kesehatan jantung
Kedelai dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih sehat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Periset melakukan analisis penelitian untuk melihat efek kedelai pada kadar kolesterol. Mereka menemukan bahwa mengkonsumsi kedelai secara signifikan mengurangi kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol high desity lipoprotein (HDL). Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) juga dikenal sebagai “kolesterol jahat” karena hubungannya dengan pembentukan lemak di arteri

Asupan kedelai juga meningkat secara signifikan kolesterol HDL. Jenis ini juga dikenal sebagai “kolesterol baik” karena membantu menghilangkan kolesterol jahat dari arteri.

Orang dengan kadar kolesterol tinggi memiliki penurunan kolesterol LDL lebih signifikan daripada orang dengan kadar kolesterol sehat. Makanan kedelai yang kurang diproses, seperti susu kedelai dan kacang kedelai lebih efektif daripada suplemen protein kedelai atau suplemen.

2. Kegemukan
Para ilmuwan melakukan analisis terhadap studi yang melihat efek suplemen kedelai isoflavon pada berat badan pada wanita pascamenopause.

Isoflavon kedelai adalah senyawa alami yang memiliki sifat yang mirip dengan estrogen. Tingkat estrogen secara alami menurun seiring bertambahnya usia wanita, yang meningkatkan risikonya untuk kondisi kesehatan tertentu.

Para peneliti menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, suplementasi isoflavon kedelai menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan.

3. Kanker payudara
Dulu, ada kekhawatiran bahwa kedelai dapat membahayakan wanita dengan risiko tinggi terkena kanker payudara. Namun, pendapat berubah, karena lebih banyak penelitian telah dilakukan.

Dalam sebuah ulasan penelitian, para ilmuwan melaporkan bahwa asupan kedelai dapat mengurangi risiko kanker payudara, berdasarkan data dari penelitian observasional. Jumlah kedelai yang mungkin bermanfaat adalah 10 sampai 20 miligram (mg) isoflavon setiap hari, yang mirip dengan asupan khas di Asia, di mana wanita cenderung mengalami lebih sedikit kanker payudara.

Jumlah asupan kedelai ini juga bermanfaat bagi wanita dengan kanker payudara, karena dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dan mengurangi kambuh.

Menurut American Cancer Society, tidak diketahui apakah isolat protein kedelai (protein kedelai yang telah dikeluarkan dari kedelai) atau protein nabati bertekstur (produk kedelai yang memiliki semua lemak dibuang) menawarkan manfaat kesehatan yang sama dengan kedelai yang kurang olahan makanan.

Kemungkinan resiko kesehatan
Beberapa orang khawatir dengan konsumsi kedelai dalam makanan. Ini termasuk:

1. Fungsi tiroid
Ada beberapa kekhawatiran bahwa asupan kedelai dapat mempengaruhi fungsi tiroid seseorang. Dalam sebuah penelitian, para periset menemukan bahwa wanita dengan asupan kedelai lebih tinggi memiliki kesempatan lebih tinggi untuk memiliki hormon tiroid-stimulating hormone (TSH) yang meningkat. Tingkat TSH yang tinggi dapat menandakan hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Periset tidak menemukan hasil yang sama pada pria.

Para penulis mendiskusikan bahwa kedelai cenderung aman, namun jumlah yang berlebihan mungkin berkenaan dengan beberapa orang, seperti hipotiroidisme yang tidak terdiagnosis. Penelitian lain telah menunjukkan hasil yang bervariasi mengenai pengaruh asupan kedelai pada fungsi tiroid.

2. Organisme yang dimodifikasi secara genetik
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), organisme hasil rekayasa genetika (GMO) adalah “organisme (yaitu tumbuhan, hewan atau mikroorganisme) dimana bahan genetik (DNA) telah diubah dengan cara yang tidak terjadi secara alami oleh kawin dan atau rekombinasi alami. ”

Keprihatinan di seluruh dunia mengenai dampak kesehatan dan keamanan lingkungan muncul sehubungan dengan tanaman hasil rekayasa genetika.

Menurut USDA, 94 persen lahan pertanian kedelai di Amerika Serikat digunakan untuk menumbuhkan kedelai rekayasa genetika pada tahun 2014.

Dalam satu ulasan, para periset melaporkan bahwa memakan makanan hasil rekayasa genetika dapat menyebabkan penyakit yang resisten terhadap antibiotik. Mereka juga mempertanyakan keamanan jangka panjang, karena GMO merupakan perkembangan yang relatif baru.

Jumlah isoflavon yang berpotensi menguntungkan mungkin lebih rendah pada kedelai rekayasa genetika. Pengalihan alergen dan pembentukan alergen baru merupakan masalah tambahan dengan GMO.

Meskipun banyak yang mengungkapkan kekhawatiran mengenai keamanan tanaman transgenik, WHO juga menyatakan bahwa “makanan GM yang saat ini tersedia di pasar internasional telah melewati penilaian keselamatan dan tidak mungkin menghadirkan risiko bagi kesehatan manusia.” Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami dampak nyata tanaman GM terhadap kesehatan.

Untuk menghindari transgenik, carilah produk kedelai organik atau yang diberi label non-transgenik.

Bentuk terbaik dari kedelai untuk dimakan
Jenis kedelai terbaik untuk dikonsumsi adalah makanan yang kurang diproses. Beberapa contohnya meliputi kedelai yang dimasak, edamame, susu kedelai, tahu, tempe, dan kacang kedelai. Beberapa produk kedelai bisa dilihat disini.

Meskipun kedelai adalah makanan bergizi, para ahli di MD Anderson’s Cancer Prevention Center masih merekomendasikan moderasi. Berkenaan dengan makanan kedelai utuh, asupan moderat dianggap 3 porsi per hari.

Tercantum di bawah ini adalah ukuran porsi untuk makanan kedelai umum:

  • 1 cangkir susu kedelai
  • ½ cangkir kacang kedelai masak atau edamame
  • ? cup tahu

Sebagai kesimpulan, jumlah makanan kedelai dalam jumlah sedang yang termasuk sebagai bagian dari makanan sehat dapat memberikan manfaat kesehatan.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai potensi manfaat dan risiko mengkonsumsi kedelai. Genetically engineered soy adalah produk kontroversial yang juga memerlukan penelitian lebih lanjut.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment for "Manfaat dan Kandungan Kedelai yang Baik untuk Kesehatan Anda"