Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Akupresur Dan Manfaat Lengkapnya



Akupresur adalah sebuah tekhnik penyembuhan dari bangsa rakyat cina kuno yang dilandaskan pada suatu prinsip pengobatan tradisional asia. Cara kerjanya hamper mirip dengan metode akupunktur dan sering disebut dengan nama akupunktur tanpa alat jarum. Teknik ini masih begitu digemari dan masih begitu popular dikalangan rakyat cina dan jepang dan hebatnya lagi juga dipraktikan di negera bagian barat  yang konon menolak budaya ketimuran.

Lebih dari 5001 tahun lalu, Tabib  atau sejenis dokter di negeri tirai bambu menemukan kalau tekanan pada jari yang begitu kuat di bagian tubuh tertentu dapat menghilangkan rasa sakit, secara tidak sadar cara ini sering juga digunakan banyak orang, contohnya menekan tubuh bagian dahi, bagian kepala ,belakang leher guna menghilangkan rasa sakit yang ada dibagian tubuh. Mereka juga menemukan kalau rangsangan yang ada di beberapa titik dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh yang ada di dalam tubuh manusia atau mahkluk tersebut sehingga memberikan filosofi pengobatan asia.

Intisari dari prinsip pengobatan tradisional Asia adalah bagian tubuh manusia memiliki daya hidup yang begitu penting, yang disebut chi. Chi mengalir sepanjang 14 saluran energy yang biasa disebut dengan meridian. Chi dapat dianggap mengendalikan fungsi organ vital, sementara sendi khusus yang berada disepanjang jalan meridian disebut berfungsi sebagai katup yang mengatur aliran. 

Hanya pada orang yang sehat, aliran chi mampu mempertahankan keseimbanagan yang konstan dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar ataupun dari luar tubuh, akan tetapi jika dari dalam maupun luar muncul sesuatu hal yang dapat mengganggu keseimbangan Yin dan Yang, maka terjadilah masalah penyakit. 

Rangsang pada titik akupoin dipercaya akan segera membuka sumbatan yang mengganggu di meridian dan memperbaiki aliran energy (chi), menimbulkan efek menghilangkan rasa nyeri, dan masalah penyakit. Baik metode akupresur maupun akupunktur berkerja pada bagian titik-titik akupoin saja, tetapi seorang yang sudah ahli akupresur dapat merangsang titik ini dengan sentuhan tekanan jari sementara ahli akupunktur menusukan jarum jarum kecil kebagian titik yang sudah disebutkan tadi.


Titik Tekan Akupresur

Titik titik khusus sepanjang jalan meridian mempunyai diplomasi hubungan dengan organ jaringan tertentu. Misalnya, titik-titik tekan yang diproyeksikan memiliki efek yang begitu kuat pada pikiran dan dapat disebut aliran besar. Mereka adalah Aliran besar, Penggabungan lembah, lautan energi, mata ketiga dan Tiga Mil.

Aliran besar Titik yang ini terdapat di antara jari kaki terbesar dan jari kaki kedua. Tekanan dititik bagian ini dianggap dapat meringankan rasa nyeri atau kondisi kongestif (penumpukan darah hanya di satu tempat).

Penggabungan Lembah Titik ini hanya terdapat pada antara ibu jari dan jari telunjuk. Dapat dipakai untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, sakit menstruasi, hingga masalah semblit.

Lautan Energi Hanya terletak tepat berada di bawah pusar dan untuk tekanan pada titik bagian ini dipercaya meredakan nyeri punggung bawah serta dapat meningkatkan vitalitas sesorang agar tambah kuat dan perkasa.

Mata ketiga titik ini terletak diantara kedua mata dipertemuan yang sederhana antara hidung dan dahi. Tekanan pada bagian titik ini dapat menghasilkan kecemasan yang mulai terabaikan atau membuat seseorang menjadi lebih tenang atau rileks.

Tiga Mil Titik ini hanya ada pada bagian sisi kaki tepatnya berada di bawah lutut pas. Jika dilakukan tekanan pada titik ini dianggap akan meningkatkan system operasi kekebalan tubuh dan bisa juga memperbaiki sistem pencernaan, serta dapat melupakan rasa lelah yang biasa menghantui kita.