Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Kerja Akupunktur? Berikut Penjelasan Lengkapnya



Sebelum Memulai pengobatan akupunktur,penderita akan ditanyakan apa yang menjadi keluhan nya, die serta perasaan hati dan jiwanya, atau apakah ada hubungan antara cuaca yang dia alami. Berikutnya akan dilakukan pemeriksaan secara fisik hingga menyeluruh. Seorang ahli akupunktur akan mencatat daerah mana yang dirasa nyeri saat di tekan, detak jantung yang berada di pergelangan tangan , tanda tanda rasa ketegangan,hingga fluktuasi temperature tubuh. Informasi berikutnya terkadang dapat ditemukan dengan memeriksa bagian lidah ,bagian lensa mata hingga pada telapak kaki.



Berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari berbagaimacam sumber bahkan dari sejarah cina, diagnosis tersebut dibuat, baik berdasarkan ilmu medis maupun dalam bentuk energi kasatmata atau chi. Pengobatan ini terdiri atas dasar tusukan jarum, pemijatan, atau pemanasan pada baian titik di sekujur tubuh.

Pemilihan titik ini yang dirangsang tergantung kondisi setiap masing masing pasien, karena setiap orang kondisinya berbeda beda dan sering sekali terjadi perubahan kondisi. Jumlah jarum yang di gunakan juga berbeda beda , antara 1,3 hingga 20 atau lebih. Jarum akan dibiarkan dibiarkan di tempat dimana titik titik tersebut diperlukan. Pengobatan panas biasa disebut moksibusion karena selain menggunakan teknik jarum , juga menggunakan gulungan moska yang terlihat mirip cerutu, yang dibuat dari tumbuhan mugwort (semacam tumbuhan bunga daisi) yang di tempelkan pada titik meridian tertentu hingga akhirnya dinyalakan. 

Rasa hangat yang didapatkankan dari pembakaran lambat ini kemudian gulungan tersebut di angkat sebelum bagian yang sedang terbakar menembus bagian kulit. Pengobatan yang hanya menggunaka energi panas ini dapat juga dilakukan dengan alat listrik terbaru dari negeri matahari terbit, tetapi seorang ahli pengobatan akupunktur pada umunya dengan metode yang orisinil atau tetap teguh pada peninggalan nenek moyang jauh lebih manjur daripada menggunakan modernisasi.

Kesuksesan akupunkturn tergantung pada berbagai faktor, diantaranya diet dan sebuah gaya hidup penderita. Namun , jika akupunktur diterpkan secara sembarangan, bisa membuat penyakit yang berbahaya justru semakin sulit terdeteksi karena hanya mengilangkan gejalanya saja. Inilah harus perlu ada pemeriksaan secara mendalam dan diagnosis sebelum dikakukan pengobatan. 

Respons yang  biasa didapatkan seorang ahli akupunktur adalah penderita menjadi sangat rileks sehingga untuk sementara waktu kehilangan koordinasi setelah satu sesi. Dengan pertimbangan tersebut, alkohol dan obat obatan penenang tidak bisa dipakai oleh orang yang sedang menjalani pengobatan ini. Selain itu , penderita juga dilarang  menyetir mobil, terlebih setelah sesi akupunktur yang pertama

Pengobatan Akupunktur di rumah

Ajarkan penderita bagaimana cara mengobati diri mereka sendiri dengan bermodalkan stik moksa, yang dapat didapatkan dari berbagai toko obat terdekat di rumah kalian. Beberapa teknik akupunktur dapat dipraktikan sendiri  di rumah, terkhusus akupresur, yang merupakan bentuk pijatan akupunktur tanpa memerlukan sebuah jarum. Akupresur dapat meredakan rasa sakit pada kepala, ketegangan hingga kecemasan, serta benar benar aman. Banyak sekali pelatihan atau khursus akupresur untuk orang yang ingin bisa menerapkan di rumah.