Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deretan Cara Sederhana Dan Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar, BAB Jadi Lancar!

masalah susah BAB bisa jadi masalah serius
Buang Air Besar (BAB) merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh tiap orang. Hal ini normalnya dilakukan tiap hari, namun ada beberapa kejadian dimana kita pernah mengalami susah untuk BAB. Pastinya tidak nyaman bukan?

Susah BAB menjadi kondisi yang sangat tidak menyenangkan dimana penderitanya mengalami rasa sakit pada  perut hingga kehilangan nafsu makan karena makanan yang terdapat pada saluran pencernaan belum dapat dikeluarkan dalam bentuk feses. Lantas bagaimanakah solusi tepat untuk melancarkan BAB?

Agar kita semua tau, susah buang air besar dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kurangnya mengonsumsi makanan berserat, stress, kurang asupan cairan, hingga terjadi masalah pada kelenjar tiroid anda. Berikut akan saya bagikan tips untuk mengatasinya:

Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi
makanan sehat penuh serat
Cara pertama adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Hal ini karena salah satu penyebab susah buang air besar adalah asupan serat yang masuk dalam kondisi tubuh terbilang rendah. Padahal kandungan serat dalam makanan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu proses pencernaan.

Serat yang ada dalam makanan kita merupakan zat yang terdapat dalam makanan-makanan seperti buah dan sayur. Apabila Anda mengonsumsi makanan kaya serat secara teratur, dapat dipastikan masalah susah buang air besar tidak akan Anda alami. Adapun contoh makanan yang kaya serat adalah bayam, pepaya, kembang kol, mangga, buah pir, apel, pisang, dan kangkung. Buah dan sayur-sayuran tersebut sangat bagus dikonsumsi karena bahan-bahan alami tersebut memiliki kandungan serat yang sangat mudah larut dalam air.

Minum Cukup Air Putih
Bisa jadi karena kekurangan air putih maka anda tidak lancar dalam BAB. Jaringan tubuh manusia terdiri dari air. Dengan kata lain, asupan air yang cukup setiap hari dapat membantu tubuh untuk menjalankan proses pencernaan.
air putih sehat untuk dikonsumsi

Berdasarkan penelitian mengkonsumsi cukup air putih sebanyak 8 gelas perhari akan membantu menambah sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kandungan mineral yang terdapat pada air putih juga dapat membuang sisa metabolisme tubuh serta menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan konsumsi. 

Berolahraga secara Teratur
Jarang berolahraga bisa menyebabkan anda susah BAB juga loh. Hal ini dikarenakan tubuh anda jarang bergerak. Cobalah luangkan waktu sebanyak 10 hingga 30 menit untuk berjalan-jalan di pagi hari.

Berhenti Menggunakan Obat-Obatan Tertentu
Dalam beberapa kasus, susah buang air besar juga dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping pada sistem pencernaan. Apabila Anda mengalami sembelit setelah mengonsumsi obat-obatan, maka sebaiknya berhenti menggunakan obat tersebut terlebih dahulu hingga masalah susah buang air besar dapat diatasi.

Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji
Cara mengatasi susah buang air besar yang berikutnya yakni dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji atau fast food. Contohnya makanan cepat saji adalah burger, nugget, kentang goreng, dan lain sebagainnya. Mengapa?

Hal ini karena makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang rendah serat namun memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Tak hanya dapat menyebabkan susah buang air besar, makanan cepat saji juga memiliki risiko yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan cepat saji demi kesehatan Anda sendiri.

Kurangi Konsumsi Susu Murni
Seperti yang kita tahu, susu murni memiliki kandungan protein, kalsium, dan lemak yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat berbagai macam mineral dan kalsium pada susu murni. Meskipun memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, namun Anda harus mengurangi konsumsi susu murni ketika mengalami sembelit. Hal ini karena menurut penelitian, konsumsi susu murni secara berlebihan menjadi salah satu penyebab munculnya sembelit, baik pada anak maupun orang dewasa.

Mengonsumsi Kopi dan Air Setelah Bangun Tidur
konsumsi kopi baik juga untuk kesehatan
Cara yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kopi dan air beberapa saat setelah bangun tidur. Sekedar informasi, ketika tidur, lidah manusia mengonsumsi enzim yang berguna bagi kesehatan di dalam mulut. Salah satu kegunaan enzim tersebut adalah merangsang sistem pencernaan tubuh agar berfungsi secara optimal.

Jadi ketika bangun tidur, jangan langsung berkumur karena dapat menghilangkan enzim-enzim baik di dalam mulut. Minumlah air putih ataupun kopi beberapa saat setelah bangun tidur. Hal ini akan memunculkan sensasi nyaman pada sistem pencernaan tubuh yang nantinya merangsang usus untuk mengeluarkan makanan yang telah berubah menjadi feses.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah sadar bahwa terkadang akan muncul rasa mulas dan ingin buang air beberapa saat setelah meminum air putih ketika bangun tidur. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi susah buang air besar yang terbilang cukup ampuh.

Demikian beberapa tips dari kami untuk mengatasi masalah susah BAB, Jadi BAB tidak lancar bukan masalah lagi ya, semoga. Selamat mencoba.

Sumber: Dedaunan.com

Post a Comment for "Deretan Cara Sederhana Dan Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar, BAB Jadi Lancar!"