Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Salah Bukan Hanya Pisang Saja, 8 Makanan ini Memiliki Kalium Yang Tinggi

Tubuh kita memerlukan banyak zat-zat penting untuk menunjang aktifitas harian kita, tak terkecuali dengan zat kalium. Kali ini kita akan bahas sekelumit mengenai kalium dan makanan apa saja yang mengandung kalium.

Kalium adalah mineral yang amat penting yang disebut juga sebagai elektrolit. Sebagai elektrolit, kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung.

Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. “Kehadiran” kalium bermanfaat dalam menjaga tekanan darah, mengangkut nutrisi ke dalam sel, mendukung fungsi saraf dan otot yang sehat.

Demi menjaga kesehatan kita, kita harus mememnuhi kebutuhan kalium secara seimbang supaya kesehatan dapat lebih terjaga.

Menurut para ahli, dalam sehari kita dianjurkan mengkonsumsi setidaknya sekitar 4,700 mg setiap harinya, namun banyak orang yang mengabaikan hal ini dengan tidak mencukupi kebutuhan kaliumnya dengan baik.

Nah oleh sebab itu, supaya tubuh anda tercukupi kebutuhan kaliumnya, ada baiknya untuk anda mengenali dan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi.

Kita sering mendengar salah satu buah yang kaya dengan kalium adalah pisang. Buah satu ini memang memiliki kalium yang sangat tinggi. Namun, tahukah anda bukan hanya pisang saja yang mengandung banyak kalium. Setidaknya ada 8 makanan yang kaya dengan kalium.

Berikut beberapa makanan yang kaya kalium, diantaranya:

1. Alpukat

Alpukat yang kaya akan kalium
Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah berwarna hijau yang menyehatkan ini menjadi salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi.
Setelah diteliti ternyata di dalam 100 gram alpukat atau setengah alpukat, terkadung 487 mg kalium. Tentu ini jumlah yang sangat banyak bukan?

Hal ini sama saja jika anda mengonsumsi alpukat secara utuh, berarti anda telah memenuhi 20% kebutuhan kalium harian.

Adapun selain mengandung kalium, buah yang mengandung lemak baik ini juga kaya akan vitamin K dan folat. Tidak ada ruginya karena banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan.

2. Semangka

Buah yang berwarna merah dan rasanya manis ini sangat kaya dengan kalium loh. Selain itu, saya yakin buah ini mudah sekali ditemukan ditengah masyarakat kita.

Jika ingin buktinya, ambil dua irisan buah semangka atau 572 gram semangka, maka akan anda dapati 640 mg kalium di dalamnya.

Selain kalium, buah yang mengandung protein, lemak, dan serat ini juga menjadi sumber vitamin A, vitamin C dan magnesium lho!

3. Ubi jalar

Sama halnya dengan alpukat, ubi jalar juga tinggi akan kandungan kalium.

Dalam satu buah ubi jalar berukuran sedang, setidaknya terkandung 541 mg kalium atau memenuhi sekitar 12% kebutuhan kalium harian.

Makanan yang termasuk karbohidrat kompleks ini juga merupakan sumber vitamin A yang baik dan mengandung protein.

4. Bayam

Sayuran kesukaan Popeye yang berwarna hijau ini tak hanya mengandung vitamin A, vitamin K, folat, dan magnesium saja, tetapi juga mengandung kalium yang cukup tinggi.

Pada secangkir bayam atau 156 gram bayam, terkandung 540 mg kalium. Konsumsi secangkir bayam mampu memenuhi kebutuhan kalium harian sebesar 12%.

Perlu diingat, anda juga harus menjaga kebaikan makanan bayam. Anda tidak disarankan untuk memakan sayur bayam yang sudah lewat dari 8 jam.

5. Edamame

edamame
Kedelai Jepang ini juga menjadi asupan makanan yang mengandum kalium lho!

Dibandingkan dengan pisang, secangkir edamame mengandung kalium yang lebih tinggi. Satu cangkir edamame atau 155 gram edamame mengandung 676 mg kalium.

6. Saus tomat

saus tomat
Saus tomat juga tinggi akan kandungan kalium, namun perlu dicatat, kamu harus memastikan bahwa saus tomat yang kamu konsumsi tidak mengandung gula tambahan atau zat adikitif lainnya.

Adapun kandungan kalium dalam tiga sendok makan atau sekitar 50 gram saus tomat terdapat 486 mg kalium. Selain mengandung kalium kamu juga harus tahu, tomat merupakan sumber vitamin C yang baik.

7. Kentang

Dalam satu kentang atau 136 gram kentang, terkadung sekitar 515 mg kalium lho! namun itu tidak bisa dijadikan

patokan, karena ada beragam varietas kentang yang beredar di pasaran. Tanah tempat kentang tumbuh juga memengaruhi kandungan kalium didalamnya.

8. Aprikot kering


Apricot kering juga mengandung kalium yang tinggi. 6 buah apricot kering setidaknya mengandung 488 mg kalium.

Nah, selain mengandung kalium, aprikot juga kaya akan serat, mengandung vitamin A dan vitamin B.

Setelah tahu dengan makanan-makanan yang saya sebutkan diatas, yuk mari makin semangat makan makanan sehat dan buah yang banyak mengandung kalium.

Post a Comment for "Jangan Salah Bukan Hanya Pisang Saja, 8 Makanan ini Memiliki Kalium Yang Tinggi"